Minggu, 24 Februari 2008

PRODUKSI ANIMASI

CARA PRODUKSI ANIMASI

#Stop Motion Animation

Membuat animasi dengan cara shoot satu demi satu gambar dengan menggunakan video atau movie camera. Media gambar animasi terbuat dari mika yang digambar (celluloid) memakai cat poster waterprofff/acrylic untuk warnanya taupun dengan memakai color clay lilin palstisin /tanah liat yang berwarna.

Alat-alat stop motion animation/tradisional :

  1. Hanging atau Standing (memakai tripod) analog video/movie camera
  2. Spray Air Compresor
  3. Kertas mika tipis
  4. Cat poster/Acrylic yang waterproof
  5. Celluloid film Rool
  6. Recording Studio
  7. analog Editing Movie/Video Branded system
  8. analog Movie Converter
  9. Video Home system
Cara produksi animasi ini peralatannya masih serba analog (model elektronik lama) tanpa sentuhan citarasa komputersama sekali. Editingnya menggunakan satu atau dua TV untuk melihat hasilnya. Maka pembaca mengeditnya secara fast forward dan fast backward, seperti memakai video cassette model lama. Prosesnya sangat berliku dan melelahkan.


##2D Hybrid Animation

Membuat animasi dengan cara menggambar manual di kertas, di scan dan ditransfer ke computer (digital). Disebut hybrid, karena menggabungkan kemampuan gambar manual dan secara komputerisasi.

Alat-alat 2D Hybrid Animation

  1. 2D Scaner
  2. Light Tracing Table tanpa Pegs
  3. Kertas A3 atau A4
  4. Komputer
  5. Video Capture Card, untuk penggabungan hasil videoshooting melalui kamera movie/digital & Soundcard

2D Hybrid animation prosesnya memakai Adobe Photoshop untuk editingnya menggunakan Adobe Premiere untuk menggerakkan animasi dan proses post production-nya seperti pemberian special Effect, sound Effect dll. Software tambahannya bisa menggunakan Adobe After Effects, Ulead Morpher, dll.


###2D Digital animation

Membuat Animasi dengan cara murni menggambar di computer memakai pen & tablet elektronik, atau memakai mouse menggambar langsung di computer dengan teknik vector kurva dan dianimasikan juga ke computer.

Alat-alat 2D Digital animation :

  1. Pen & Tablet elektronik
  2. Komputer
  3. Video Capture Card untuk penggabungan hasil video shooting melalui camera movie/digital & soundcard.
  4. CD R atau DVD-R

2D Digital Animation menggunakan software Macromedia Flash, animo, adobe After Effects, dll. Ada juga beberapa software yang diikutsertakan ke dalam software yang sudah dikenal seperti Corel R.A.V.E di Corel Draw. Proses pembuatan, biaya, dan efisiensi waktu akan kita lihat juga secara obyektif untuk tiap cara pembuatan 2D animasi ini.

1 komentar:

everybody love arya mengatakan...

Ayo dandanin lagi Blog-nya dan posting dengan issue terbaru atau bagi - bagi pengetahuan dengan para bloger lain. makin banyak post, makin banyak pengunjung, makin banyak dilirik para Advertiser. Go Go Newbie!Be a most Bloger in the world!